Beranda | Artikel
Ilmu Bersyukur - Hakikat Bersyukur (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 8 Oktober 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

NB: Mohon maaf, terjadi beberapa kali gangguan teknis saat kajian / ceramah ini berlangsung, berupa putus koneksi teleconference, sehingga berdampak langsung pada rekaman ceramah ini yang kurang utuh.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Ilmu Bersyukur (Hakikat Bersyukur)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas akhlak seorang Muslim, yaitu bersyukur, maka tema yang kita angkat adalah “Ilmu Bersyukur”. Saya (Ustadz Ahmad Zainuddin–Ed) akan membacakan apa yang disebutkan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullahu Ta’ala tentang bagaimana hakikat bersyukur. Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah dalam kitab beliau, Thariqul Hijratain, mengatakan:

وأصلُ الشكر وحقيقته فهو الاعتراف بإنعام المنعِم على وجه الخضوع له والذل والمحبة ،

“Hakikat bersyukur adalah mengakui nikmat dari Sang Pemberi nikmat dengan ketunduk-patuhan dan merendahkan diri serta mencintai pemberi nikmat tersebut.”

Itu adalah hakikat bersyukur. Maka kemudian, beliau, Al-Imam Ibnul Qayyim mengatakan:

فمن لم يعرف النعمةَ بل كان جاهلاً بها لم يشكرها ،

“Barangsiapa yang tidak mengenali nikmat, bahkan dia bodoh terhadap nikmat tersebut, maka dia belum bersyukur terhadap nikmat tersebut.”

Yuk, mari kita lebih mendalami tentang bersyukur dan hakikat bersyukur yang sebenarnya dengan mendownload ceramah agama ini, sehingga menjadikan diri kita seorang yang pandai bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin – Ilmu Bersyukur

Silakan download dan share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat bagi kaum Muslimin dan diri kita pribadi, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/8635-ilmu-bersyukur-hakikat-bersyukur-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/